-->
Home , → Pengertian Logika dan Manfaat Mempelajari Logika

Pengertian Logika dan Manfaat Mempelajari Logika

Friday 6 January 2017
Berfikir Logika
Pengertian Logika dan Manfaat Mempelajari Logika - Logika adalah istilah yang dibentuk dari kata logikos yang berasal dari kata benda logos. Kata logos, berarti sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan, atau ungkapan lewat bahasa. Kata logikos, berarti mengenal kata, mengenai percakapan atau yang berkenaan dengan ungkapan lewat bahasa. Dengan demikian, dapatlah dikatan bahwa logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang diutrakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.
  • logika adalah ilmu pengetahuan dan keterampilan berpikir lurus. Tt, (1999 :71)
  • Logika adalah suatau pertimbangan akal atau pikiran yang diatur lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Jan Hendrik Rapar, (1996 : 5)
  • Logika adalah ilmu dan kecakapan menalar, berpikir dengan tepat.W. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso. (2006: 13)
  • Logika adalah suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan nenalar. Soekadijo, (1983-1994: 3)
  • Aristoteles : logika adalah ajaran tentang berpikir yang secara ilmiah membicarakan bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasai pikiran.(Harun, 1980) Surajiyo, Sugeng Astanto, Sri Andiani(…..:10)
  • William Alston : logika adalah studi tentang penyimpulan, secara lebih ceramat usaha untuk mennetapkan ukuran-ukuran guna memisahkan penyimpulan yang sah dan tidak sah.Surajiyo, Sugeng Astanto, Sri Andiani(…..: 9)

A. Tempat Logika dalam Peta Ilmu Pengetahuan

Aristoteles (384-322 SM) membagi ilmu pengetahuan ke dalam tiga kelas atau tiga kelompok sebagai berikut
1. Filsafat Spekulatif atau Filsafat Teorites, yang bersifat objektif dan bertujuan pengetahuan demi pengetahuan itu sendiri. Kelompok ini terdiri dari atas fisika, metafisila, biopsikologi, dan teologia.
2. Filsafat Praktika, yang member pedoman bagi tingkah laku manusia. Kelompok ini terdiri atas etika dan politik.
3. Filsafat Produktif, yang membimbing manusia menjadi produktif lewat ketrampilan khusus. Kelompok ini terdiri dari atas kritik sastra, retrotika, dan estetika.

B. Logika Tradisional dan Logika Modern

Logika modern atau logika simbolik, Karena menggunakan tanda-tanda atau symbol-simbol matematik, hanya sanggup membahas hubungan antara tanda-tanda itu, padahal realitas tak mungkin dapat ditangkap sepenuhnya dan setepat-tepatnya oleh symbol-simbol matematik.
Logika tradisoinal membahas dan mempersoalkan definisi, konsep, dan term menurut struktur, susunan dan nuansanya, serta seluk-beluk penalaran untuk memperoleh kebenaran yang lebih susuai dengan realitas.

*Rujukan referensi :
Setiawan Dimas
url: http://definisimu.blogspot.com/2012/10/definisi-logika.html

C. Manfaat Mempelajari Logika dalam kehidupan sehari-hari :

1. Melatih berfikir secara rasional, kritis, lurus, tertib, metodis dan koheren.
2. Mampu berfikir abstrak, cermat dan objektif.
3. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berfikir tajam dan mandiri.
4. Meningkatkan kemampuan analisis terhadap suatu kejadian.
5. Meningkatkan rasa cinta akan kebenaran.
6. Menghindarkan diri dari kekeliruan karena informasi yang tidak benar.
7. Meningkatkan Citra diri.

Terima kasih kepada para pengunjung yang telah menyempatkan untuk membaca artikel tentang Pengertian Logika dan Manfaat Mempelajari Logika dan semoga saja apa yang terurai diatas bisa bermanfaat bagi kita semua, agar supaya kedepannya bisa selalu berfikir logika dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana salah satu manfaat mempelajari logika adalah Meningkatkan rasa cinta akan KEBENARAN. Bilamana hal itu benar kita terapkan maka kualitas hidup kita kan menjadi lebih baik.
Tag »