Tuesday, 14 October 2014

Pengertian dan Macam-macam Zakat dalam Islam

1. Zakat Menurut Bahasa dan Istilah
Pengertian zakat menurut bahasa (lughat) berasal dari bahasa Arab yang berbunyi zakat (Al Zakat). ditinjau dari sudut bahasa, zakat memiliki makna suci, tumbuh, berkah, dan terpuji.

Firman Allah SWT :
“ Ambillah dari harta mereka sedekah (zakat) untuk membersihkan mereka serta menghapuskan kesalahan mereka” (Q.S. At Taubah [9]: 103).

Sedangkan pengertian zakat menurut istilah (syara’) adalah nama suatu ibadah yang dilaksanakan dengan memberikan sejumlah kadar tertentu dari harta milik sendiri kepada orang yang berhak menerimanya menurut yang ditentukan syariat Islam.

2. Macam-macam Zakat
Secara umum, zakat dibagi menjadi 2 (dua) macam. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut :
  • Zakat Fitrah ; yaitu Zakat yang dikeluarkan di akhir bulan Ramadhan dan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitrih(Haul). Hukumnya adalah wajib. Harta yang dikeluarkan sebanyak 2,5% (Kadar), harta ini bisa berupa makanan pokok yang ada dinegeri masing-masing, atau berupa uang seharga makanan pokok tersebut (Nisab).
  • Zakat Mal (Zakat Harta) ; yaitu harta kekayaan seseorang atau badan hukum yang wajib diberikan kepada orang yang berhak menerimanya (mustahiq) setelah mencapai jumlah minimal tertentu  dan setelah dimiliki selama jangka waktu tertentu pula.
Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian dan Macam-macam Zakat dalam Islam. Semoga bermanfaat


Pengertian dan Macam-macam Zakat dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Terbaru co id Corporation