Thursday, 12 March 2015

Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran Secara Lengkap

Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran Secara Lengkap - Apabila kita merujuk kepada pembahasan terbut. Maka kata belajar sudah tak asing lagi tentunya, kita sudah mulai belajar dari dan sejak lahir kita sudah disuguhkan beberapa pelajaran. baik melaui media visual ataupun media tulis. Hidup itu tidak lengkap rasanya bila tanpa belajar karna pada dasarnya manusia memang sudah memiliki yang namanya hasrat untuk mengetahui sesuatu... nah itulah yang dimaksud dengan belajar. jadi sudah tahukan pengertian sederhana kata belajar. Namun kita membahas secara detil apa yang dimaksud dan juga fungsi media pembalajaran, baik itu secara umum maupun menurut beberapa ahli.
media pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan. 

Pengertian Media Pembelajaran Menurut para Ahli

Namun, tahu kah Anda pengertian dari Media Pembelajaran, ada beberapa pengertian yang bisa saya bagikan kepada Anda semua, yaitu :
  • Menurut Gatne pengertian media pembelajaran adalah komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
  • Menurut Yusuf Hardianiarsa, segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar dalam diri siswa.
  • Briggns, wahana fisik yang mengandung materi instruksional.
  • Menurut Edgar Dale. Didalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.
Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran

Media Pemebelajaran : Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara penyampaian pesan ( Materi Pembelajaran ) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan / pembelajaran.

Jenis-jenis media pembelajaran, diantaranya :

  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.

Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang  menentukan hasil  belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. 

Fungsi Media PembelajaranFungsi Media Pembelajaran

Adapun, fungsi dari Media Pembelajaran. Antara lain sebagai berikut:
1. Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi.
2. Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa.
3. Dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang dan waktu
4. Dapat mengatasi perbedaaan pengalaman dan karakteristik pribadi siswa.

Mungkin cuma itu saja yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran Secara Lengkap, setelah kita menyimak begitu banyak pengertian dan tujuan, semoga Anda semua bisa paham dan bermanfaat guna penunjang wawasan dalam berfikir.


Pengertian dan Fungsi Media Pembelajaran Secara Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Terbaru co id Corporation