Cara Memperbaiki Memory Card yg Rusak, Error dan Bermasalah

Bagaimanakah Caranya Memperbaiki Memory Card Yang Rusak, Error atau Bermasalah?

Tips memperbaiki Memory Card Terbaru 2016 - Terkadang rusaknya memory card pada handphone membuat pemiliknya pasti marah, kesal dan emosi. tentu saja begitu, karena ada banyak data-data penting yg tersave di memory card, seperti foto, video, mp3 dsb. Tiba-tiba saja memory yang kita punya itu rusak, tidak terbaca, format yang sering kita temui. Kebingungan pun melanda, tak ada hujan tak ada mendung, eh tiba2 rusak begitu aja. hehehe...

Salah satu atau yang paling utama penyebabnya adalah VIRUS, yah virus yang merusak komponen data di memory sd (slot disk). lalu bagaiaman solusinya, Orang kini lebih tergerak mengetahui cara memperbaiki micro sd card yang error, karena melihat begitu pentingnya pemakaian memory card dalam menunjang efektifitas pekerjaan yang berhubungan dengan tehnologi gadget maupun komputer. Fungsi memory card merupakan media storage data yang umum terdapat juga di beberapa gadget, kamera, tablet, ponsel dan lain sebagainya. Kapasitas memory card sendiripun juga berbeda-beda tergantung tingkat kebutuhan. Penyimpanan file-file dalam jumlah yang besar memerlukan kapasitas memory card yang bisa memuat data lebih banyak.
Cara Memperbaiki Memory Card Yang Error
Seiring pemakaian yang terus menerus memungkinkan memory card rentan mengalami kerusakan seperti halnya piranti elektronik yang lain. Bisa mengakibatkan kerugian karena data-data penting yang tersimpan tidak bisa terbaca secara langsung baik di komputer ataupun ponsel. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam merawat memory card secara hati-hati

Beberapa kejadian yang kerap dijumpai pada memory card yang error bisa dipengaruhi berbagai hal seperti : suhu panas yang berlebihan pada pirantinya, adanya pengaruh medan magnet, kekeliruan waktu mencabut/memasang memory card ke perangkat slot, terjangkiti virus hingga membuat file corrupt, mengalami gagal partisi/ system yang error, memory card yang seringkali dipindah-pindahkan ke piranti lainnya semisal memory card ponsel dipasangkan berulangkali ke dalam kamera digital.

Deteksi Lebih Awal Kerusakannya.

Kali ini ada alternatif mudah yang bisa dilakukan berhubungan cara memperbaiki memory card yang error. Jika terdeteksi secara awal akan lebih baik dan cepat dalam mendiagnosa kerusakkan yang bisa diperbaiki. Langkah antisipasi dalam menangani kerusakan memory card adalah :
  • Segera masukkan memory ke card reader yang sudah dikoneksikan dengan piranti PC.
  • Klik perintah drive memory card pada removeable disk, lalu klik tab properties
  • Cari tool kemudian pilih opsi check now, beri centang pada automatically check sistem for error lalu dilanjutkan proses scan for and attempt recovery of bad sector. Tandai centang pada keduanya, lalu pilih start.
  • Tunggu proses berakhir
  • Pasangkan kembali memory card ke dalam gadget lalu cek lagi apakah memory card bisa kembali berfungsi seperti sedia kala.

Memperbaiki lewat program windows Explorer.

Cara berikutnya memperbaiki memory card yang error dengan menu format yang dilakukan lewat program windows Explorer. Langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan :
  1. Mencabut memory card dari piranti gadget android kemudian disambungkan ke memory card reader. Perhatian penting : sebelum mencabut memory card leboh baik matikan ponsel terlebih dahulu. Baru kemudian mencabut memory card yang ada. Menggunakan menu “Unmount SD Card” yang merupakan fasilitas yang disediakan.
  2. Klik kanan mouse pada menu windows Eksplorer, mencari drive memory card lalu pilih opsi untuk Format.
  3. Ada beragam pilihan jenis format (FAT32, FAT serta NTSC), pilihlah sistem format file jenis FAT.
  4. Kemudian tekan tombol tersebut tunggu hingga proses berakhir.
Setiap program perbaikan memiliki cara penanganan yang berbeda-beda, namun tidak ada salahnya terlebih dulu melakukan perbaikan langsung terhadap masalah yang terjadi.

 Cara memperbaiki memory card yang CORRUPT/RUSAK

MMC, Memory Korrupt, Memory Card, Format

Kartu memory (MMC) tergolong barang yang mudah rusak,yang dimaksud kerusakan disini yakni rusaknya sistim file (bukan pisik) ciri2nya MMC tidak terdeteksi walaupun terdeteksi tapi gk bisa dibuka,
Banyak penyebabnya bisa karena :
  • Panas yang berlebihan
  • Pengaruh medan magnet
  • Kesalahan disaat mencabut/ memasukan mmc keslotnya (nah..Yg ini paling sering kejadian),
Untuk memperbaikinya siapkan cardreader dan PC tentunya jika gk ada jangan putus asa,pergi ja kewarnet terdekat cuma Rp.3000/jam,ko!! 15 menit ja udah beres n sisanya 45 menit bisa dipake berselancar didumay,lumayan kn dari pd beli MMC yg baru mahal,coy... Pa lagi jenis M2. (ko.. jdi promosiin warnet,y udh trsrh mo kmna jg yg penting ada PC n cardreader),caranya :
format lewat menu window explorer.

  • cabut MMC dan masukan kecardreader,inget jangan sembarangan mencabut MMC gunakan REMOVE MEMORY untuk mencabut MMC disaat ponsel hidup,jika tidak ada menu REMOVE MEMORY sebaiknya matikan ponsel dahulu.
  • cari drive MMC (lihat dimenu windows eksploler misal pada drive H,E,F,G,D) jika sudah terbaca,klik tombol kanan mouse dan pilih menu format,terus pilih menu format (FAT,FAT32 & NTSC) pilih sistim Forma FAT.
  • klik tombol FORMAT NOW dan tunggu hingga selesai jika keluar pesan ''erorr'' dan PC tidak bisa memformat lagi gunakan format lewat menu command link.

FORMAT LEWAT COMMAND LINE

  1. klik start=>run,dan ketik CMD.jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
  2. terus ketik FORMAT h:/FS:FAT (h=adalah drive jika MMC terletak didrive h,jika f tulis f).
  3. tunggu sampai beres,jika masih muncul masalah lain coba pake cardreader yang lain,jika masih tetap gk bisa dipulihkan,baiknya dituker lagi ketokonya kalau masih garansi,jika udh gk garansi terserah mau diapain tu MMC bebas yg jelas tu MMC udah bikin loe pusing,hehehe.
Lebih Lengkapnya, silahkan baca sumber : Belajar Ilmu Komputer

Tips Merawat dan Merawat Memory Card.

Selain mengetahui cara memperbaiki memory card yang error, sebagai user yang baik harus bisa melakukan maintenance secara pribadi terhadap memory card. Beberapa tips berikut yang harus diperhatikan agar memory card terhindar dari kerusakkan yang tidak diinginkan :
Tips merawat memory card
  1. Jangan mencabut-memasang kartu secara sembarangan, tindakan yang kurang hati-hati bisa menyebabkan memory card tidak tercabut/terpasang secara sempurna. Biasakan memakai cara removeable hardware.
  2. Simpan memory card pada tempat yang aman seperti tidak mudah terkena percikkan air, kena suhu panas secara langsung, ataupun dekat dengan medan magnet.
  3. Sesuaikan kapasitas card memory dengan penyimpanan yang ada. Jangan memaksa melebihi kapasitas. Alangkah lebih baik memanfaatkan memory card cadangan.
  4. Membersihkan dengan software antivirus yang ada pada komputer. Demi menjaga memory card dari terjangkitnya suatu virus program / file yang tidak dikenal.

Beberapa metode dan Tips Cara Memperbaiki Memory Card Terbaru 2016 di atas hanya sebatas usaha memperbaiki saja. Apabila terdapat kerusakan parah selain bad sector atau kerusakan secara fisik bisa memanfaatkan jaminan kartu garansi memory card yang life time sesuai dengan ketentuan dan syarat yang ada. Terima kasih telah menyimak artikel diatas, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Hanya itu yg bisa kami informasikan, bila cara diatas belum juga membuahkan hasil maka Anda boleh mencari referensi yg lain.

Popular posts from this blog

Pengertian dan Ciri-Ciri ayat Makiyah dan Madaniah

TATA-TATA CARA MANDI WAJIB ISLAM SESUDAH HAID

Pengertian, Makna dan Contoh leksikal, gramatikal, denotasi, dan konotasi