Saturday, 20 December 2014

Deskripsi Perwakilan Konsuler

Deskripsi Perwakilan Konsuler - Pengertian dari Perwakilan Konsuler adalah lembaga kenegaraan di luar negeri yang bertugas dalam membina hubungan non politik dengan negara lain. Ada konsuler yang bersifat tetap dan ada konsuler kehormatan. Tugas pokok konsul kehormatan adalah menghubungkan perdagangan ke dua negara. Pejabat ini tidak mendapat gaji, melainkan mendapat honoraruium atas jasa-jasanya itu.

Fungsi perwakilan konsuler
  • 1. Melaksanakan usaha peningkatan hubungan dengan negara penerima di bidang perekonomian, perdagangan, perhubungan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan.
  • 2. Melindungi kepentingan nasional negara dan warga negara yang berada dalam wilayah kerjanya.
  • 3. Melaksanakan pengamatan, penilaian, dan pelaporan.
  • 4. Menyelenggarakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga negara di wilayah kerjanya.
  • 5. Menyelenggarakan urusan pengamanan, penerangan, konsuler, protokol, komunikasi dan persandian.
  • 6. Melaksanakan urusan tata usaha, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan urusan rumah tangga perwakilan Konsuler. 
Perwakilan konsuler yaitu perwakilan suatu negara di negara lain dalam bidang non politik. Dalam arti non politis, hubungan satu negara dengan negara lain diwakili oleh Korps Konsuler yang terbagi dalam kepangkatan sebagai berikut:

  • - Konsul Jenderal, membawahi beberapa konsul yang ditempatkan di ibu kota negara.
  • - Konsul dan Wakil Konsul, konsul yaitu mengepalai suatu kekonsulan yang kadang-kadang diperbantukan kepada konsul jenderal. Kantornya bernama Konsulat. Wakil konsul diperbantukan kepada konsul atau konsul jenderal yang kadang diserahi pimpinan kantor konsuler. Kantornya bernama Vice Konsulat.
  • - Agen Konsul, dengan tugas untuk mengurus hal-hal yang bersifat terbatas dan berhubungan dengan kekonsulan.


Tugas perwakilan konsuler adalah mengurusi kepentingan negara dan warga negara di negara lain menyangkut:

1. Bidang Ekonomi, yaitu menciptakan tata ekonomi dunia baru dengan menggalakkan ekspor komoditas nonmigas, promosi perdagangan, mengawasi pelayanan, pelaksanaan perjanjian perdagangan dan lain-lain. 2. Bidang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan, seperti; tukar-menukar pelajar, mahasiswa, dan lain-lain. Bidang-bidang lain seperti :
  • Memberikan paspor dan dokumen perjalanan kepada warga pengirim dan visa atau dokumen kepada orang yang ingin mengunjungi negara pengirim; 
  • Bertindak sebagai notaris dan pencatat sipil serta menyelenggarakan fungsi administratif lainnya; 
  • Bertindak sebagai subjek hukum dalam praktek dan prosedur pengadilan atau badan lain di negara penerima. 
Kronologi / skema penempatan perwakilan di negara lain

  • Kedua belah pihak saling tukar informasi ten-tang akan dibukanya perwakilan oleh Kemlu masing-masing negara.
  • Mendapat persetujuan (demende, agregation) dari negara yang menerima.

  • Diplomat yang akan di-tempatkan, menerima surat kepercayaan (lettre de credance) yang ditanda tangani kepala negara pengirim.

  • Surat kepecayaan diserahkan kepada kepala negara penerima (lettre de rapple) dalam suatu upacara dimana seorang diplomatik berpidato. 

Perwakilan organisasi internasional

Pejabat perwakilan organisasi internasional adalah pejabat yang diangkat atau ditunjuk langsung oleh indukorganisasi internasional yang bersangkutan untuk menjalankan tugas atau jabatan pada kantor perwakilan organisasi internasional tersebut di Indonesia.

Itulah uraian Perwakilan Konsuler. Semoga saja himpunan materi pembelajaran diatas bisa bermanfaat untuk menambah wawasan tentang kenegaraan kita. 


sumber referensi:
http://pkndisma.blogspot.com/2012/12/modul-perwakilan-diplomatik.html

 

Sunday, 14 December 2014

Imam dan Ipul

Cerita tentang Imam dan Ipul

Itulah nama dua orang bersaudara diatas, Imam adalah seorang anak laki-laki yang masih duduk dibangku SD sedangkan Ipul seorang anak laki-laki yang masih TK. Imam dan Ipul berasal dari keluarga sederhana yang menetap pada sebuah wilayah Kabupaten Gowa yang berbatasan dengan kota Makassar. Ayah Imam dan Ipul bekerja setiap harinya sebagai penjual terang bulan di daerah Mallengkeri. Ayahnya sangat ramah dan terbuka untuk bergaul dengan siapa saja, terutama dengan saya sendiri karena biasa saya bermain sepakbola pada sore hari bersama-sama, begitu pula Imam dan Ipul sering bermain bola di lapangan dekat  rumah aku dan sering bertemu saling sapa menyapa.

Hobby Imam dan Ipul tentunya bermain bola, Karena melihat dari kesehariannya sering bermain bola dan berkostum bola. Saya sangat senang bercerita dengan mereka berdua bila bertemu. Mungkin karena saya punya daik kecil yang seumuran dengan mereka. Dimana kebetulan adikku gemar bermain bola juga, itupun membuat rasa rindu saya kepada adik saya yang ada di Palopo terobati bila bertemu dengan Imam dan Ipul.

Pertama kali saya mengenal Imam dan Ipul ketika aku baru tinggal Gowa untuk melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi. Ketika itu saya ketemu dengan mereka saat sedang bermain bola, melihat tingkah lakunya yang amat menggemaskan dan lucu, membuat aku tertarik untuk mengajaknya bermain bola bersama mereka dan teman-teman kecil lainnya. Maka terjadilah hari demi  hari membuat saya dengan mereka menjadi akrab dan bila bertemu, mereka biasanya memanggil saya dengan sebutan kak Azwar. Amat mengesankan bila aku dipanggil dengan sebutan tersebut.

Didalam hati saya yang paling dalam, ingin selalu mengenal mereka sampai akhir hayat ku. Semoga Allah SWT menjadikan mereka anak yang saleh dan beriman. Amien, melihat tingkah lakunya, mereka itu adalah anak yang baik dan terdidik, apalagi orang tuanya sangat teliti dalam mengawasi mereka. Itu terbukti dari setiap Imam dan Ipul bermain pastinya ibu atau tantenya selalu mengawasi mereka. Aku, Imam dan Ipul semoga bisa bertemu dimasa-masa mendatang.

Itulah sedikit kisahku yg menarik tentang Imam dan Ipul semoga saja, bisa bermanfaat dan menghibur. Thanks

Gerak Jalan Santai diselenggarakan Depak ( Depertemen Agama) Gowa

Gerak Jalan Santai diselenggarakan Depak ( Depertemen Agama) Gowa
Pada malam minggu ketika saya sedang asik santai dikamar sambil update blog milik saya, tiba-tiba paman saya menghampiri saya dan mengatakan " Besok cepat-cepat bangun karena kita mau pergi jalan santai, apalagi ada undian hadiah dan jangan sampai kamu dapat motor !!!" hahaha... Dalam hati saya mengatakan tidak terlalu berharap mendapatkan hadiah tersebut, tetapi saya hanya mengatakan iya. Saya pun terus melanjutkan kegiatan saya malam itu, namun sialnya jaringan internet pada malam itu sangat menjengkelkan bagaimana tidak kalo kita asik-asiknya browsing eh... Tiba-tiba koneksinya menjadi sangat lambat, sampai-sampai segala hal harus kulakukan mulai dari mencabut modem sampai beberapa kali tetapi usaha itu gagal, habislah kesabaran saya menunggu jaringan internet membaik akhirnya saya pun tertidur tanpa saya sadari. Pada minggu pagi saya bangun dan berniat browsing lagi sampai melupakan waktu, ternyata orang-orang dirumah sudah gaduh tanda mereka telah bangun tetapi hal itu saya hiraukan menganggap bahwa ini masih pagi sekali, eh keasyikan bermain laptop saya teringat untuk pergi melaksanakan sholat subhu di masjid dan bergegas kekamar mandi. Namun pada saat saya sudah siap-siap berangkat, suara dari masjid sudah tidak terdengarkan lagi muncul lah dalam benak kayaknya sudah terlambat deh dan akhirnya sholat subhunya terpaksa dilaksanakan dirumah aja. Setelah selesai melaksanakannya tiba-tiba terdengar suara paman saya yang memanggilku tetapi saya tidak merespon bukan karena hal lain tetapi saya belum selesai berdoa. Maka pada saat itu saya bergegas turun ke lantai bawah untuk bertemu mereka semua, setiba dibawah ketemu dengan sanak keluarga diantaranya : sepupu, tante dan om saya, ternyata dipanggil sarapan toh. Ikut deh sarapan pagi bersama mereka sambil nonton pertandingan siaran ulang club kesayangan aku Manchester city V Norwic City sangat seru pertandingan kali itu karena dimenangkan oleh club kesayangan aku Man. City dengan scor beda tipis yaitu 3-4 tetapi itu sudah membuat aku merasa senang.

Waktu Telah menunjukkan pukul 5 lewat beberapa menit, membuat saya bergegas untuk berdandan hihihi kayak cewe aja.. biarkan saja lah sekali-sekali juga tampil menarik kan gak ada salahnya :D
Pada saat kami bersiap-siap menuju tempat diselnggarakannya Gerak Jalan Santai yang dimana sebagian besar pesertanya adalah pegawai dan guru-guru dari berbagai sekolah dan kantor yang diselenggarakan oleh Depertemen Agama di Gowa dalam rangka menyambut Hari Bakti Kementerian Agama dalam perayaan kali ini diikuti banyak peserta bukan hanya dari depag saja tapi masyarakan umum juga boleh ikut serta dalam acara Gerak jalan santai kali ini, terdapat juga hadiah-hadiah menarik seperti tv, kompor gas, kipas angin, hanphone, sepeda gunung, hadiah utama 2 unit sepeda motor dan lain-lain. Wah menarik bukan untuk kita ikuti, sayang acaranya sudah diselenggarakan tetapi tidak perlu cemas begitu saya akan menceritakan panjang lebar bagaimana acara itu berlangsung sampai selesai kepada anda semua pastinya cerita ini sangatlah menarik sekali untuk kita simak sampai selesai.

Dalam keikut sertaan ku kali ini banyak mendapat kisah-kisah menarik. Tibalah pada saat sy dengan keluarga semua telah berangkat ke lokasi tujuan, sesampainya di Lapangan Syech Yusuf Discovery, wow !!! baguskan nama lapangannya. Disana telah banyak pengunjung yang memenuhi sudut-sudut jalan dan langangan seolah seperti lagi ada sebuah acara, tetapi ini merupakan sudah menjadi sebuah kegiatan rutin di Syech Yusuf Discovery dimana banyak sekali masyarakat yang berkumpul untuk sekedar berjalan-jalan, olahraga, berbelanja dan ada juga sekedar balap liar !!! JANGAN DITIRU YA... hehehe
Ada-ada aja pemuda yang suka balapan liar, mereka tidak tahu bagaimana resiko apabila melakukan hal seperti itu dimana bisa merugikan diri sendiri dan orang lain juga !! gimana benarkan??

Saat tiba di tribun lapangan telah tampak banyak orang yang memnuhi kursi tempat acara akan berlangsung, saya melihat ada 2 motor yang disediakan panitia acara, nah... ini calon motor yang akan saya peroleh nanti.. hihihi berharap banget !! Mumpung acara belum dilaksanakan saya sempatkan ikut berlari di pinggir lapangan bersama para pengunjung juga sekedar untuk berolahraga sambil melihat-lihat suasana disana... hmmm baru satu putaran berlari sudah terasa capek dan pegal-pegal aduh, terpaksa deh berjalan saja. Di pinggir lapangan banyak sekali para pedagang kaki lima yang menjual barang dagangannya yang bermacam-macam seperti sepatu, sandal, baju, gelang, buku-buku, makanan, minuman dan lain-lain, wah ramai bener kayak sedang berada dipasar. Saya pun menyempatkan untuk melihat buku yang diperdagangkan di pinggir lapangan, terdapat banyak judul buku yang sangat menarik untuk dibaca namun karena buku yang dijual itu masih berbungkuskan pelastik maka peluang untuk bisa membaca buku gratis sejenak pun tertutup, terpaksa hanya bisa melihat-lihat sampul buku itu saja.

Pada saat acara segera akan dimulai saya pun cepat-cepat untuk bertemu keluarga aku untuk bersiap-siap mengikuti Gerak Jalan Santai. Setelah banyak peserta yang berbaris di jalur start aku pun ikut-ikut berbaris bagaikan seorang tentara yang berbaris hahahha... Saya berfikir gerak jalan santainya akan segera dimulai, telah lama menunggu berdiri sekitar beberapa menit berfikir acara gerak jalan sanatainya akan dimulai akhirnya pupus karena ternyata panitia belum siap sedia. Setelah bosan menunggu, tiba-tiba datang beberapa anak SD yang berpakaian lengkap berbaju olahraga berbaris tepat di depan tempat aku berdiri dengan melengkapi dirinya berbagai atribut dan alat semacam marching band sambil memaikan musik yang serasi dan atraksi memutar bendera yang begitu pandainya mereka. Hal ini pun bisa membuat peserta merasa terhibur sambil terkesan akan aksi anak-anak SD tersebut, saya sempat melihat baju mereka yang bertuliskan MIN Gowa yang mempunyai kepanjangan " Madrasah Ihtidaiyah Negeri " dan Panitia pun segera memulai acara dengan mendahulukan para anak-anak Marching Band. Barisan pun pada saat itu mulai berbegark menuju kantor depag kab. Gowa untuk mendapatkan sebuah kupon undian agar bisa mendapatkan hadiah yang disediakan panitia, setelah para peserta mulai berjalan dengan semangat mereka saling mendahului entah apakah maksud dari itu, saya juga tidak mau dikalah maka saya berinisiatif berada dibarisan depan setelah marching band. Tetapi langkah para anak-anak sd tersebut sangat cepat dan itu dangat menguras tenaga saya untuk mendekati mereka. setelah setengah perjalanan menuju kantor depag, pengguna jalan yang sempat melintas terpaksa harus terhenti perjalanannya sejenak sambil mereka seperti memperhatikan para peserta yang sangat banyak.

Setelah sampai di depan kantor Depag Gowa tiba-tiba barisan menjadi berantakan akibat para peserta yang saling berebut kupon dan berlomba mendapatnya dari tangan salah seorang panitia dan saya pun tidak mau kalah sehingga harus berhimpitan dan berdesak-desakan dengan peserta lain, hal hasil membuat saya sulit bernafas di tengah kerumunan massa yang saling berebut kupon. Akhirnya saya mendapatkan satu kupon yang bernomor 4978 dengan susah payahnya saya pun bergegas melanjutkan gerak jalan santainya, tetapi terlebih dahulu saya menyempatkan mengambil gambar dari suasana pada saat itu yang sangat ricuh dan mencekam.

Didepan kantor Depag Kab. Gowa saya ketemu dengan keluarga satu rumah saya dan dia mengatakan " kamu dapat kuponya tidak?" lantas saya pun mengatakan iya dapat cuma satu. Ternyata saya lihat dia memegang banyak kupon undian, yang tampak dia tidak bersusah payah mendapatkannya padahal bagi saya 1 saja sulit mendapatkannya, kemudian saya mulai melanjutkan jalan bersama dia. Setiba di jalan A. tonro saya melihat suasana yang jarang ditemui di daerah perkotaan yaitu sawah yang luas dimana udaranya yang sangat segar dan melihat seorang petani yang sedang menanam padi. hmmmm teringat waktu saya didesa dulu menanam padi dengan penuh lumpur hahah... Saya mulai berjalan mengikuti banyaknya rombongan peserta yang membuat saya harus lebih cepat berjalan bersama keluarga saya itu, setelah hampir sampai di Lapangan Syech Yusuf saya menyempatkan untuk mengumpul kupon berhadia itu ke panitia yang berada di pinggir jalan dan melanjutkan perjalanan menuju tempat finish.

Akhirnya sampai juga di tribun lapangan dimana para peserta yang berkeringan dan kelelahan duduk beristirahat sambil mengkonsumsi makanan dan minuman yang disediakan panitia. Aku pun bergegas mengambil segelas air putih kemasan gelas untuk menghilangkan rasa haus ku, sambil berjalan-jalan menuju pinggir lapangan untuk melihat-lihat barang yang mereka perdagangkan. Setelah semua peserta berkumpul di tribun lapangan, aku pun bergegas kesana juga dimana panitia telah mengumumkan pemenang yang berhak mendapatkan hadiah. Pada saat pengambilan kupon yang akan mendapatkan beberapa hadiah, maka suasana pada saat itu sangat riuh dan gaduh, sambil saya melihat banyak orang yang sangat serius melihat kupon yang mereka peroleh yang kebanyakan kuponya lebih dari satu (banyak). setelah nomer kupon disebut satu persatu yang memperoleh hadiah tiba saatnya pengumuman peserta yang mendapatkan hadiah utama yaitu sepeda motor, suasana menjadi sangat serius dan panitia mengumumkan nomor undian yang berhak mendapatkan hadiah utama dan pemenangnya adalah seorang ibu yang bergegas menuju panggung untuk mengambil hadiah tersebut sambil menampilkan wajah yang sangat senang dan tidak percaya hahha... horeeee !!!! meskipun hadiah motor yang diberikan panitia hanyalah merek cham tidak tahu itu merek motor apa, wah asik sekali pada saat itu. Saya pun dan keluarga pulang kerumah setelah sekian lama menunggu pengundian kupon yang tidak membuahkan hasil, tetapi saya tidak kecewa karena telah mendapakan kisah menarik dari semua ini.

Sedikit cerita tentang aku

Sedikit cerita tentang akuAssalamualikum wr. wb.
Perkenalkan nama saya adalah Azwar Suaib, lahir dari keluarga yang sangat sederhana namun membahagiakan. Nama ibu saya Syamzang seorang yang berdarah luwu lahir di kabupaten luwu, kec. Bajo. Desa Balla. Nama ayah saya Drs. H. Suaib dia seorang ayah yang pekerja keras, rajin dan memiliki intelektual yang sangat luas. Lahir di kabupaten Bantaeng. Kec. banyorang. Saya mempunyai 5 saudara, diantaranya 4 orang laki-laki dan 2 perempuan. Namun kakak saya yang ke-2 telah meninggal dunia, menurut saya dia adalah seorang yang sangat cerdas disamping itu memiliki akhlak yang sangat baik, tutur katanya yang lemah lembut. Membuat saya terkadang mengikuti tingkah lakunya sebagai inspirasi dalam kehidupan ku sehari-hari. Makbul Suaib dialah yang selalu menemani aku saat mengurus masuk kesalah satu perguruan tinggi Negeri di Kota Makassar yaitu Universitas Alauddin Makassar. Sebenarnya dialah yang berperan penting saat saya mendaftar di perguruan tinggi, karena ketidak tahuan saya tentang prosedur mendaftar, maka kakak saya pun ikut mengurus, mengantar saya ke bank untuk menyetor uang sebagai registrasi mengambil pin ikut ujian spmb ptain. Dan Alhamdulillah berkat kerja keras, ketekunan dan berkat izin Allah SWT saya pun lulus masuk perguruan tinggi jurusan Perbandingan Agama prodi Sosiologi agama.

Saat melakukan pendaftaran ulang di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, kakak sayalah yang mengantar saya, mengurus ini.. itu lah.. Pokoknya dia sangat baik, mungkin hal yang paling tidak bisa aku lupakan dari dia adalah kebaikan yang telah ia lakukan kepada saya, maka giliran saya yang akan membalas semua kebaikannya walaupun sekarang dia telah pergi selamanya, namun didalam hati aku yang paling dalam dia masih ada.

Mungkin saya sudah terlalu melebar pembahasannya tentang biografi saya, okey langsung saja aku memberikan sedikit informasi tentang diri saya. Tempat tinggal saya berada di sebuah Provensi Sulawesi Selatan tepatnya di Kota Palopo yang tercinta, Rumah saya tidak terlalu mewah tetapi cukup sederhana. Jln. Jendral Sudirman No. 101 A Kel. Binturu merupakan alamat lengkap saya. Mungkin apabila ada diantara kita yang sedang berada disana tidak ada salahnya apabila anda mampir kerumah saya. Anda cukup bertanya kepada sesorang yang berada di dekat lokasi rumah ku mengatakan " Rumah Azwar dimana yah?" maka saya akan pastikan anda akan mendapatkan jawaban yang akurat tentang pertanyaan itu. maka secara langsung pun anda akan mendapatkan petunjuk tempat rumah aku berada.

Mungkin cukup itu pengantar perkenalan kita di blog pribadi aku sebagai tanda perkenalan anda kepada ku. sebagai identitas pemilik blog ini. Mudah-mudahan anda bisa mengenal aku lebih jauh, dan bisa menjalin keakraban, pertemanan, sahabat dan lain-lain.
Posted by Picasa

Film Kita Versus Korupsi ( K vs K)

Film Kita Versus Korupsi ( K vs K)

Film Kita Versus Korupsi ( K vs K)

Film yang dibuat atas kerjasama oleh pihak KPK dengan para produser film Indonesia dengan mengangkat tema tentang korupsi, judul film “KitaVersus Korupsi “ yang dirilis pada 26 januari 2012. Didalam film tersebut terdapat 4 segmen film diantaranya : Rumah perkara, Aku padamu, Selamat siang, Risa dan Psssttt… jangan bilang siapa-siapa.

Kita akan membahas satu persatu poin-poin penting di 4 segmen film tersebut, dengan menyertakan realitas yang ada menyangkut kisah yang terdapat difilm.
  • Rumah perkara.
Didalam film ini diceritakan seorang lurah disebuah desa yang pada awal sebelum terpilih menjabat seorang lurah, ia memberi sambutan dan menebar janji-janji manis diantaranya yg paling penting “dia tidak akan membiarkan desa ini diganggu oleh orang lain” dan diakhir janjinya tersebut ia bersumpah dengan mengatas namakan tuhan. Singkat cerita, setelah berhasil menjabat sebagai seorang lurah ia pun harus dihadapkan suatu pilihan dimana seorang kontraktor yang menginginkan sebagian wilayah yang didesa tempat pak lurah menjabat. Namun seorang janda yang bernama Ella tidak rela melepas tanah yang dimilikinya mengingat itu satu-satunya peninggalan dari suaminya yang telah meninggal dunia, akan tetapi usaha kontraktor untuk mendapatkan wilayah tersebut tidak berhenti disitu saja, ia menggunakan cara-cara yang tidak baik dengan mempengaruhi pak lurah, akhirnya dengan terpaksa si Ella melepas surat tanahnya namun ia tetap bertahan dirumahnya walau kontraktor tersebut membakar rumahnya.

Kisah tersebut memang benar adanya, berdasarkan fakta yang hampir mirip terjadi di dunia politik saat ini. Dimana  para calon pemimpin pada masa kampanye melakukan  dialog dengan para pendukungnya sambil menebar janji-janji manis kepada mereka semua, namun setelah ia terpilih menjadi seorang pemimpin dia pun seolah-olah lupa akan apa yang mereka janjikan. Ini merupakan potret dari ketidak jujuran seorang pemimpin yang dapat memicu korupsi.
 
  • Aku padamu.
Inti dari kisah film ini adalah sepasang kekasih yang kabur dari rumah dengan maksud untuk menikah, namun sikap dari laki-laki dari sepasang kekasih tersebut ingin lebih cepat dalam mengurus pernikahannya dengan cara menyuap seorang calo dikantor kepengurusan pernikahan. Berdasarkan realitas yang ada dalam hal suap menyuap dalam urusan penting sangat mudah untuk kita temui. Misalnya saja dalam kepengurusan SIM, anda tahu biaya dalam kepneurusan tersebut adalah 100.000 untuk SIM C. Namun itu sangat lah sulit kepengurusannya, sehingga banyak orang yang mengambil jalan mudah dengan menyuap calo, yang mengherankan calo tersebut ternyata orang dalam. Kalau di kantor polisi saja sudah terjadi suap menyuap, bagaimana dengan diluar sana???
 
  • Selamat siang, Risa
Segmen film ini sungguh sangat menyentuh hati kita semua, kejujuran memang sangat langka dan mahal harganya. Namun dalam kisah ini, sebuah keluarga yang harus dihadapkan situasi yang sangat rumit dimana ekonomi mereka yang sangat terpuruk dan ditambah lagi ketika seorang anaknya yang tengah jatuh sakit. Disaat-saat tersebut sang suami banyak melihat rekan-rekannya yang menerima suap, tiba pada suatu hari datang seorang  bapak yang membawa uang dalam jumlah banyak berniat untuk memberikan kepada sang suami sebagai uang pelican dalam menimbun beras digudang yang ia jaga untuk diberikan kepada keluarga tersebut. Setalah lama berbincang dan terkadang ia berfikir dan merenung melihat keadaan  anak dan istrinya yang sangat membutuhkan uang namun karena masih memiliki kejujuran, dengan besar hati sang suami menolak untuk menerima uang yang sudah didepan mata. Didalam hal kejujuran memang sangat sulit kita temui orang semacam itu, sungguh ironis apabila melihat para pemimpin negara yang banyak melakukan korupsi karena mereka tidak memiliki kejujuran.

Telah banyak diberitakan sebagian pejabat yang melakukan korupsi yang tidak mengenal laki-laki atau perempuan, tua atau muda. Hal ini sangat mencengankan di negeri kita, dimana kejujuran memang sangat sulit ditemui. Kita semua memang berharap para pemimpin bisa lebih bertanggung jawab dan tidak mudah tergoyah hanya karna uang.
 
  • Psssttt… jangan bilang siapa-siapa.
Dalam cerita film ini yang diperankan oleh para pelajar sma, dimana dihadaptkan dalam situasi yang biasa terjadi dalam kehidupan kita. Dimana dalam soal pembelian buku, dari tingkat kepala sekolah, guru dan siswa saling asyik korupsi untuk mendapatkan keuntungan. Nah, berdasarkan kisah tersebut kita tidak usah mengambil contoh yang sangat jauh, karena ketika kita masih kecil saja apabila orang tua kita baik itu ibu atau ayah pada saat sedang menyuruh  untuk membelikan sesuatu terkadang ada diantara kita yang secara diam-diam untuk mengambil sebagian kembaliannya dengan berpura-pura bahwa harganya memang segitu. Hal ini bisa terjadi namun apabila dilakukan terus menerus akan sangat berbahaya, seperti halnya istilah seperti ini  “kecil teranjak-anjak besar terbawa-bawa” yang memiliki makna yang sangat besar. Jadi, pesan saya untuk semua adalah jangan meremehkan perbuatan buruk walau terkadang itu kecil karena bisa saja hal yang kecil itu sewaktu-waktu bisa menjadi lebih besar. Jaga lah kejujuran, maka anda akan menjadi orang yang paling baik dunia ini.

Semoga saja sedikit ringkasan tentang film “Kita Versus Korupsi ( K vs K)” ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua, bahwa kejujuran itu perlu kita jaga walaupun dalam situasi sesulit apapun. Kita semua berharap akan hal itu, dan juga berharap agar insan-insan muda di negeri kita ini bisa bersikap jujur supaya Indonesia kedapannya bisa bebas dari KORUPSI. Namun yang perlu anda ketahui bahwa kejujuran itu harus diterapkan pada diri setiap orang, mulailah perubahan pada diri sendiri terlebih dahulu dan apabila anda sudah merasa cukup baik maka ajaklah teman terdekat anda untuk berubah dengan mencerminkan sikap kejujuran kita kepada mereka. Pesan saya jangan takut berkata jujur walau itu pahit bagi kita maupun bagi orang lain selama itu tidak membahayakan jiwa. Don’t stop KPK..!!! we always there is behind

Membuat Konten blog Yang Berkualitas di Media Sosial

Membuat Konten Yang Berkualitas di Media Sosial

Tips Membuat Konten Blog Yang Berkualitas

Membuat konten berkualitas - Blog yang disukai pengunjung adalah blog yang memiliki informasi sangat banyak, gratis, isinya bermanfaat dan benar-benar dapat dipraktekkan. Bacalah buku, koran, majalah, berita online, untuk memperbaharui pengetahuan Anda, tuliskan kembali dengan bahasa Anda di blog, agar pengunjung memperoleh manfaat yang sama dengan Anda.

Misalnya : Anda sedang belajar phsikologi, baca buku tentang pskologi, ikuti workshopnya, pratikkan, setelah Anda sukses: bagikan tipa tersebut dalam postingan blog Anda. Sehingga Anda dapat memiliki konten yang berkualitas dan sangat dibutuhkan para pengunjung. Usahakan dalam membuat sebuah Konten jangan diluar dari tema blog sobat, misalkan tema blog sobat adalah Otomotif maka Anda jangan membuat konten yang bertemakan Buah-buahan kan gak logis.. Google juga nggk suka kalo asal posting di blog, oleh karena itu sebelum memulai ngeblog Anda terlebih dahulu memikirkan tema blog apa yang anda bisa kuasai agara nantinya nggak ribet.

Tips saya yang lainnya adalah sering-seringlah browsing di google dengan mencari-cari berita yang sedang heboh atau sangat berguna untuk kita dan orang lain. Banyak kok situs-situs besar yang bisa anda kunjungi misalkan voa-islam.com disitu banyak referensi yang sangat menarik dan berkualitas, perbanyak membaca artikel dan mudah-mudahan bisa Anda tangkap dan tulislah pemahaman kamu itu ke dalam blog.  Ingat jangan copy-paste. Kecuali pihak website memberi izin.

Mungkin cuma itu tips dari saya tentang membuat konten blog yang berkualitas. Tunggu saja posting berikutnya yang lebih memberi informasi dan pengetahuan tentang konten berkualitas. Semoga saja artikel tentang Membuat Konten Yang Berkualitas di Media Sosial ini memberi manfaat dan masukan mengenai daya tarik kita menulis. Buatlah tulisanmu menjadi berkualitas, bermanfaat bagi orang yang banyak, tebarlah kebikan maka suatu saat nanti kamu akan memetik kasilnya, begitupun sebaliknya.

Thanks for all, good job... don't sop writing and don't stop blogging.

Deskripsi Lingkungan Bisnis secara Lengkap

Pengertian Lingkungan Bisnis
Lingkungan Bisnis
Adalah faktor-faktor yang berada diluar jangkauan perusahaan yang dapat menimbulkan suatu peluang atau ancaman. Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.
Faktor Lingkungan Bisnis :
1. Lingkungan Mikro Bisnis
adalah para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan, yang mempengaruhi perusahaan.
2. Lingkungan Makro ( Lingkungan Umum )adalah kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan.
Lingkungan Makro ini terdiri dari :
A. Faktor Ekonomi
Yang perlu dianalisis adalah :
- Siklus ekonomi
- Gejala inflansi dan deflasi
- Kebijaksanaan moneter
- Neraca pembayaran
B. Faktor Demografi
Terdiri dari :
- Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
- Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan perubahan umurnya.
- Distribusi pendapatan.
- Tingkat pengangguran.
C. Faktor Geografi Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan.
D. Faktor Teknologi Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.
E. Faktor PemerintahPerubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan / ancaman bagi perusahaan.
F. Faktor SosialSosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.
G. Faktor Politik1. Kekuatan politik
2. Perbedaan ideologi.
Unsur-Unsur Lingkungan Bisnis
Ada lima macam lingkungan yang mempengaruhi aktivitas bisnis yaitu:
- Lingkungan fisik meliputi tanah, iklim, topografi, udara, air, dan infrastruktur. Setiap perusahaan selalu akan menggantungkan pada sumber – sumber tersebut.
- Lingkungan perekonomian menerangkan tentang system pasar dalam dimana sumber-sumber diolah, diproduksi, dan didistribusikan kepada masyarakat. Lingkungan perekonomian mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan yang menghasilkan dan mendistribusikan barang atau jasa.
- Lingkungan pemerintah seperti bantuan pemerintah yang diberikan di bidang bisnis untuk mengembangkan perusahan kecil maupun perusahaan besar. Misalnya fasilitas dan prasarana dibangun di daerah-daerah, seperti : jalan-jalan, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya.
- Lingkungan hukum merupakan latar belakang hukum dan peraturan dimana perusahaan-perusahaan menjalankan operasinya, termasuk masalah etika tidak dapat diabaikan dalam pengembangan bisnis.
- Lingkungan internasional menyangkut hubungan-hubungan internasinal dengan negara-negara lain dan perusahaan-perusahaan asing. Aliran dana ke luar negeri untuk membiayai impor dan pemasukan kedalam negeri dari hasil ekspor pembayaran internasional dan mutinasional untuk menunjang pengembangan bisnis di Indonesia, dapat dianggap sebagai lingkungan internasional.
Hubungan/Dampak Perusahaan dan Lingkungan
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan“, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis
sebuah perusahaan bergerak karena beraksinya sumber daya manusia bersama-sama
sumberdaya yang lain. Agar aksi manajemen perusahaan berjalan selamat perlu memperhatikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Etika dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat. Hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat
kemajuan perusahaan.
Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.
Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.
Etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi.
Kepada Siapa Tanggung Jawab Tersebut
1. Pelanggan (Customers)
2. Pekerja (Employees)
3. Kreditur (Creditors)
4. Lingkungan (Environment)
5. Masyarakat (Communities)
Tanggung Jawab Sosial Kepada Pelanggan
1. Bagaimana Memastikan Tanggung jawab Bisnis :
 Tetapkan kode etika.
 Monitor keluhan pelanggan.
 Memperoleh umpan balik pelanggan
2. Bagaimana memastikan tanggung jawab Pemerintah :
 Peraturan Keamanan Produk.
 Peraturan Periklanan.
 Peraturan Persaingan Industri.
Tanggung Jawab Sosial Kepada Pekerja
1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)
 Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja.
2. Perlakuan pekerja
 Memastikan tidak ada diskriminasi.
 Menjalin hubungan yang harmonis antara pemilik dan pekerja
3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity)
 Kesamaan Kesempatan/Hak sipil
4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :
 Keluhan Prosedur.
 Kode etik.
 Pelajari UU Ketenagakerjaan
Tanggung Jawab Sosial Kepada Kreditor
1. Kewajiban Keuangan.
2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan
Tanggung Jawab social Kepada Lingkungan
1. Pencegahan polusi udara:
 Peninjauan kembali proses produksi.
 Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah
2. Pencegahan polusi daratan:
 Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.
 Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan
T anggung Jawab Sosial Kepada Masyarakat
1. Sponsori peristiwa masyarakat lokal.
2. Sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu.