Thursday, 24 April 2014

Hal Menarik dan Macam-macam Dongeng

Menemukan hal-hal menarik dari dongeng
Menemukan hal-hal menarik dari dongeng - Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Setiap anak pasti senang jika mendengar dongeng karena banyak hal menarik dari dongeng tersebut.

Dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berfungsi untuk menghibur, didalamnya juga mengandung unsur pendidikan terutama pendidikan moral akhlak.

Hal-hal menarik dari sebuah dongeng terletak pada perbahan nasib pelakunya, konflik yang terjadi, dan amanat yang dapat diambil sebagai suatu nilai didik. dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Misalnya, pada dongeng Malin Kundang kalian akan terhibur dengan kesuksesan Malin Kundang yang bisa menjadi sudagar kaya raya, hidup mewah di kapal, dan mempunyai istri cantik. Selain mengandung hiburam, cerita malin kundang juga mengandung pendidikan moral, yaitu jika sudah menjadi orang berhasil janganlah menianyiakan orang tuan karena akan menjadi anak durhaka.

Berdasarkan isinya, dongeng terdiri atas 5 macam. Berikut ini macam-macam dongeng.

Dongeng terdiri atas 5 macam atau 5 jenis1. Fabel, yaitu dongeng yang berisi tentang dunia binatang.
Contoh : Dongeng "Kancil dengan Buaya"
Dongeng "Kancil Mencuri Mentimun"

2. Legenda, yaitu dongeng yang berhubungan dengan keajaiban alam, biasanya berisi tentang kejadian suatu tempat.
Contoh: Dongeng "Rawa Pening".
Dongeng "Terjadingya Danau Toba".

3. Mite, yaitu dongeng yang banyak mengandung unsur sejarah. Karena diceritakannya tentang kepercayaan animisme.
Contoh: Dongeng "Nyi Roro Kidul".

4.Sage, yaitu dongeng yang banyak mengandung unsur sejarah. Karena diceritakan dari mulut ke mulut, lama kelamaan terdapat tambahan cerita bersifat khayal.
Contoh: Dongeng "Jaka Tingkir".

5. Parabel, yaitu dongeng yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan atau cerita pendek dan sederhana yang mengandung ibarat atau hikamh sebagi pedoman hidup.
Contoh: Dongeng "si Malin Kundang".

Demikianlah artikel yang berjudul Hal Menarik dan Macam-macam Dongeng yang dilengkapi juga jenis-jenis atau macam-macam dongeng yang terbagi menjadi 5 macam. Semoga saja bermanfaat, sekian dan terima kasih. Jangan lupa baca artikel
Menggunakan kata makna denotasi dan konotasi


Hal Menarik dan Macam-macam Dongeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Terbaru co id Corporation