Pengertian atau Definisi Kalimat Secara Umum

Pengertian atau Definisi Kalimat Secara Umum

Kalimat sebagai suatu bahasa yang lebih besar dari pada kata atau frasa umumnya muncul dalam tulisan atau pembicaraan berupa rangkaian kata yang menyatakan pikiran tertentu yang secara relative dapat berdiri sendiri, dan intonasinya menunjukkan batas antara sesamanya, itulah yang disebut kalimat. Setiap kalimat yang muncul dalam tulisan atau pembicaraan masing-masing menyertakan pikiran yang terbatas, tetapi tetap uth baik secara tersurat maupun secara tersirat. Pikiran yang utuh pada setiap kalimat diungkapkan pada dua bagian, yaitu subjek dan predikat. Subjek sebagai bagian yang yang menjadi pokok pembicaraan dalam kalimat dijelaskan maknanya oleh predikat.

Contoh :
(1). Anak itu cerdas.
Pikiran yang utuh pada gambar contoh (1) dapat diketahui dengan adanya kata cerdas yang merupakan jawaban atas pernyataan mengapa/bagaimana anak itu. Unsur yang merupakan jawaban atas pertanyaan mengapa/bagaimana, berfungsi sebagai predikat. Unsur anak itu merupakan jawaban atas pernyataan siapa yang cerdas berfungsi sebagai subjek. Unsur subjek dan predikat dapat dipertukarkan posisinya, tanpa merusak keutuhan pikiran dari kalimat tersebut.

Perhatikan contoh berikut.
(1a) Cerdas anak itu Berdasarkan uraian diatas, dapat diketahui ciri-ciri kalimat sebagai berikut :

(1) Dari segi makna, sebuah kalimat harus mengandung pikiran yang utuh, sedangkan dari segi struktur,      kalimat sekurang-kurangnya mengandung unsure subjek dan predikat.
(2) Unsur-unsur yang berupa subjek predikat posisinya dapat dipertukarkan menjadi predikat subjek ;
(3) Subjek dapat diketahui dari jawaban atas pertanyaan apa/siapa, sedangkan predikat dapat diketahui dari jawaban atas pertanyaan bagaimana/mengapa.

Kalimat Secara umum

Kalimat merupakan wadah pernyataan pikiran. Pernyataan pikiran itu sendiri berasal dari pengembangan  gagasan pokok dengan cara tertentu. Pikiran yang disampaikan melalui berbagai bentuk kalimat diarahkan untuk mencapai sasaran atau efek tertentu sesuai dengan maksud pengguna bahasa yang bersangkutan. Proses penyampaiaan dan penerimaan pikiran dapat efektif.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian atau Definisi Kalimat Secara Umum. Semoga bisa menambah wawasan Anda. Sekian dan terima kasih.

Popular posts from this blog

Pengertian dan Ciri-Ciri ayat Makiyah dan Madaniah

TATA-TATA CARA MANDI WAJIB ISLAM SESUDAH HAID

Pengertian, Makna dan Contoh leksikal, gramatikal, denotasi, dan konotasi