Sunday, 6 April 2014

Wujud Kebudayaan

Wujud Kebudayaan ~ Kebudayaan dibeda-bedakan sesuai dengan empat wujudnya, dapat diistilakan digambarkan secara symbol atau sebagai lingkaran yaitu:

1. Artifacts, atau bend- benda fisik

2. Lingkaran berukutnya (dan tentunya lebih kecil) melambangkan kebudayaan sebagai sistem tingkah laku dan tindakan yang berpola;

3. Lingkaran yang berikutnya lagi (lebih kecil dari pada kedua lingkaran yang berada di sebelah “luar”nya, melambangkan sebagai sistem gagasan; dan

4. Lingkaran hitam yang letaknya paling dalam dan bentuknya palinng kecil, dan merupakan pusat atau inti dari seluruh bagan, melambangkan budaya sebagai sistem gagasan yang ideologis.

Contoh dari wujud konkrit dari kebudayaan, dalam bentuk tulisan abjak digambarkan sebagai lingkaran.

Lingkran 1, yaitu paling besar, adalah antara lain bangunan-bangunan megah seperti candi Brobudur, benda-benda seperti kapal tangki, computer, dan lain-lain. Semua hasil karya manusia tersebut bersifat konkret dan dapat dirabah dan difoto. Sebutan khusus bagi kebudayaan dalam wujud konkret ini adalah “kebudyaan fisik”.

Lingkaran 2, menggambarkan wujud tingkah laku manusianya, yaitu misalnya menari, berbicara, tingkah laku dalam melakukan suatu pekerjaan dan lain-lain. Kebudayaan dalam wujud ini masih bersifat konkret, dapat difoto, dan dapat difilm. Semua gerak-gerik yang dilakukan dari saat ke saat dan dari hari ke hari, dan masa ke masa, merupakan pola-pola tingkah lakum manusia disebut “sistem sosil”.

Lingkaran 3, merupakan wujud dari gagasan kebudayaan, dan tempatnya adalah dalam kepalatip induvidu warga kebudayaan yang bersangkutan, dibawa kemana pun ia pergi. Kebudayaan dalam wujud ini bersifat abstrak, tak dapat difoto dan difilm, dan hanya dapat diketahui serta dipahami (oleh warga kebudayaan lain) setelah ia mempelajarinya secara mendalam, baik melalui wawancara yang insentif  atau dengan membaca. Kebudayaan dalam wujud gagasan juga berpola dan berdasarkan sistem-sistem tertentu yang disebut “sitem budaya”.

Lingkaran 4, yang pada bagian diberi warna hitam, adalah gagasan-gagasan yang telah dipelajari oleh para warga suatu kebudayaan sejak usia dini, dan karena itu sangat sukar diubah. Istilah untuk menyebut unsur-unsur  kebudayaan yang merupakan pusat dari semua unsur yang itu adalah “nilai-niali budaya”, yang menentukan sifat dan corak dari pikiran, cara berpikir, serta tingkah laku manusia suatu kebudayaan.

Gagasan inilah yang akhirnya menghasilkan benda berbagai yang diciptakan manusia bardasarkan nilai-nilai, pikiran dan tingkah lakunya.

Demikianlah pembahasan mengenai  Wujud Kebudayaan. Sekian dan terima kasih


Wujud Kebudayaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Terbaru co id Corporation