-->
Home → Pengertian Budaya Politik

Pengertian Budaya Politik

Saturday 26 December 2015

Deskripsi Lengkap Tentang Budaya Politik

Pengertian Budaya Politik - Kali ini pembahasan akan mengarah kepada ilmu tentang politik, adapun pembahasan yang akan kita urai nantinya yaitu : Budaya Politik, Ciri-ciri Budaya Politik, Tipe-tipe Budaya Politik, Budaya Politik Indonesia, Pentingnya sosialisasi politik dalam penembangan budaya politik, Meganisme Sosialisasi budaya politik dan Makna sosialisasi kesadaran politik. Silahkan Anda menyimak pembahasan berikut dengan seksama.

Pengertian Budaya Politik

Budaya Politik adalah salah satu komponen dalam sistem politik. Komponen sistem politik lainnya adalah struktur politik. budaya politik dapat dipandang sebagai landasan sistem politik yang memberi jiwa dan warna pada sistem politik atau memberi arah pada perang-perang politik yang dilakukan oleh struktur-struktur politik.

Pengertian Beragam tentang Budaya Politik

Ada pengertian beragam tentang budaya politik menurut para ahli, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Budaya Politik adalah sikap orientasi warga negara terhadap sitem politik dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga negara didalam sistem itu CGA.Ahmad&S.Verba (1991:21)
  • Budaya Politik adalah pandangan politik yang mempengaruhi sikap orientasi dan pilihan politik seseorang. Budaya politik mengutamakan dimensi psikologi suatu sistem politik yaitu sikap, sistem kepercayaan, simbol yang dimiliki individu dan yang dilaksanakannya dalam masyarakat (Marbun,2005:84)
  • Budaya politik adalah keyakinan, sikap, nilai, ide-ide, sentimen & evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negara meraka dan peran masing-masing individu dalam sistem itu ( Larry Diamond) 2003:27)
  • Budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya ( Voctar n asoed & Colin Nac Adress,1986:41) 
  • Budaya politik adalah suatu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai-nilai dan keterampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, tentang pola cenderungan-cenderungan khusus serta pola-pola kebiasaan yang terdapat pada kelompok-kelompok masyarakat (Almond & powell,1996:23)

Ciri-ciri Budaya Politik

1. Adanya nilai-nilai keyakinan dan sikap emosi terhadap pemerintah.
2. Adanya sikap dan orientasi warga negara terhadap sistem yang dijalankan.
3. Adanya kepedulian dari individu, masyarakat dan warga negara terhadap proses warga negara.
4. Adanya keinginan individu/warga negara untuk mempengaruhi atau mengendalikan
    pemerintahan.

Tipe-tipe Budaya Politik

Berdasarkan sikap, sifat, nilai, informasi dan kecakapan politik dimiliki, orientasi warga negara terhadap kehidupan politik dan pemerintahan negaranya, dapat digolongkan kedalam 3 tipe sebagai mana diuraikan :

  • Budaya politik parokial (Parochial Political Culture)
Budaya politik ini terbatas pada suatu wilayah atau lingkup kecil atau sempit. Pada umumnya budaya politik ini terdapat dalam masyarakat seperti ini spesialisasi sangat kecil dan belum berkembang. Demikian pula karena terbatasnya diferensiasi sosial para pelaku politik sering melakukan perannya setempak dengan perannya dalam bidang ekonomi. keagamaan, dll.

  • Budaya politik subjek (Subject Political Culture)
Menurut Mochtar Mesoed dan Colin Mucandrews, budaya politik subjek menunjuk pada orang-orang yang secara pasif, patuh pada pejabat-pejabat pemerintah dan UUD, tetapi tidak melibatkan diri dalam politik ataupun memberikan suatu dalam pemilihan-pemilihan. Menurut Rusadi Kantaprawira (1985:37), dalam budaya politik ini anggota masyarakat telah mempunyai minat, perhatian, mungkin juga kesadaran, terhadap sistem sebagai keseluruhan, terutama terhadap sistem sebagai keseluruhan, terutama terhadap aspek output alias keputusan-keputusan politik yang diambil. Akan tetapi, frekuensi perhatiannya terhadap sistem politik sangat rendah terutama terhadap sistem politik sangat rendah aktor politik boleh dikatakan belum tumbuh.

  • Budaya politik partisipan ( Participan political culture)
Budaya politik partisipan ( Participan political culture) adalah suatu bentuk budaya dimana anggota-anggota masyarakat cenderum diorientasikan secara eksplisit terhadap sistem sebagai keseluruhan dan terhadap struktur dan proses politik secara administratif. (Almond dan Verba, 1984:22). Budaya politik ini ditandai oleh adanya kesadaran bahwa dirinya ataupun orang lain sebagai anggota aktif dalam kehidupan politik.

Budaya Politik di Indonesia

Ada beberapa pandangan mengenai budaya politik di Indonesia yaitu :
  • Herbert Felth yaitu mengemukakan bahwa di Indonesia memiliki 2 budaya politik yang dominan, antara lain :
  1. Aristoktrasi Jawa; 
  2. Wirasuasta Islam
  • Cufford Grertz mengemukakan :
  1. Santri 
  2. Abangan 
  3. Priai 
  4. Petan Keal 
  5. Hindu-Budha
  • Nazaruddin Samsuddin, sebuah budaya politik ciri utama yang menjadi identitas adalah suatu nilai yang menonjol dan diakui oleh masyarakat atau bangsa secara keseluruhan.      

Pentingnya sosialisasi politik dalam pengembangan budaya politik

  • Pengertian sosialisasi politik banyak ahli menyampaikan pengertian sosialisasi politk diantaranya sebagai berikut :
  1. Sosialisasi adalah cara masyarakat merumuskan kebudayaan politiknya. 
  2. Sosialisasi menunjukkan pada proses dimana sikap-sikap politik dan pola-pola tingkah laku, diperoleh atau dibentuk dan juga merupakan sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan patokan-patokan politik dan keyakinan-keyakinan politik, kepada generasi berikutnya. 
  3. Sosialisasi politik dapat dipandang sebagai warisan pengetahuan , nilai-nilai dan dapat dipandang politik dari orang tua, guru dan sarana-sarana sosialisasi lainnya. 
  4. Sosialisasi politik merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu proses dimana seseorang mempelajari dan menundukkan pandangannya tentang politik. 
  5. Sosialisasi politik merupakan proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat.

Meganisme Sosialisasi budaya politik

yang dapat digunakan antara lain :
a. Keluarga                                          d. Partai Politik
b. Sekolah                                           e. Media Massa
c. Masyarakat 


Makna sosialisasi kesadaran politik.

Sosiaslisasi  kesadaran politik adalah suatu istilah yang digunakan untuk mengambarkan bagaimana proses yang ditempuh atau cara-cara yang dilakukan agar seseorang dan masyarakat belajar atau mengenal politik dan memiliki kepedulian. Serta mau mengembangkan sikap yang berorientasi terhadap politik.

Sudah kita bahas kan tentang " Pengertian Budaya Politik " secara mendalam dan lengkap, pastinya anda banyak mulai paham soal ilmu politik, terutama soal budaya politik. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua, dan apabila ada uraian / tulisan yang kurang dipahami, mohon dimaafkan dan silahkan berkomentar apabila ada yang perlu Anda tambahkan. Terima Kasih

Diposting Azwar Suaib
Budaya Politik Di Indonesia
rating 5
©2013 Blognya Azwar
Sumber gambar : blog.ub.ac.id
Tag »