Pengertian Iklan dan Tujuannya

Blognya Azwar | Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Iklan dan Tujuannya. Tahu kah anda apa pengertian atau definisi kata iklan? ya.. Iklan atau bahasa Inggrisnya advertising merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan atau konsumen sekaligus mengajak calon pembeli untuk memiliki barang yang ditawarkan.

Iklan Menurut situs Wikipedia

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.

Sejarah Periklanan

Iklan tulis mulai dikenal sejak zaman Yunani kuno. Ketika itu, iklan berisi mengenai budak-budak yang melarikan diri dari tuannya atau mengenai penyelenggaraan pertandingan Gladiator, pada masa ini iklan hanyalah berupa surat edaran. Beberapa waktu kemudian barulah muncul metode periklanan yang ditulis dengan tangan dan dengan kertas yang lebih besar di Inggris. Iklan pertama yang dicetak di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer Maret 1648. Sampai tahun 1850-an, di Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di suratkabar. Kebanyakan masih berupa pamflet, leaflet, dan brosur. Iklan majalah pertama muncul dalam majalah Harper tahun 1864.

Iklan di Indonesia

Iklan pertama kali diperkenalkan di nusantara oleh Gubernur Jenderal Hindia-Belanda periode 1619 - 1629 Jan Pieterzoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, surat kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen meninggal.[1]

Tujuan Iklan/Periklanan

Cukup singkat dan jelaskan pengertian iklan. Namun, tahu kah kamu? tujuan dari pada beriklan itu? yaitu adalah :
  • Membangun loyalitas konsumen. 
  • Membangun Persepsi. 
  • Membangun Pengetahuan. 
  • Meningkatkan Konsumen.
  • Memberikan Rasa Simpatik kepada produk yang ditawarkan.
  • Memperkenalkan atau mempromosikan produk atau jasa sebuah perusahaan. 
  • Membangun kepercayaan konsumen. 
  • Memperoleh keuntungan dari hasil penjualan

Iklan yang paling berpotensi untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan beriklan di media online saat ini, seperti media website atau blog. Dalam hal ini jenis iklan yang bisa digunakan oleh perushaan adalah iklan baris, iklan review, iklan banner dan kontes seo. Merupakan sebuah inofasi dalam dunia bisnis online, seiring perkembangan usaha didunia internet maka kebutuhan akan iklan sangat besar.

Contoh Iklan :
 

Sekiranya cuma itu yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat artikel mengenai Pengertian Iklan dan Tujuannya. Apabila ada pertanyaan atau sanggahan maka silahkan berkomentar, terima kasih.

Popular posts from this blog

Pengertian dan Ciri-Ciri ayat Makiyah dan Madaniah

TATA-TATA CARA MANDI WAJIB ISLAM SESUDAH HAID

Pengertian, Makna dan Contoh leksikal, gramatikal, denotasi, dan konotasi